Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan 

Dipublikasikan oleh lanangwedok pada

Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan! Sedikit lada hitam yang ditambahkan ke resep apa pun berfungsi lebih dari sekadar penambah rasa. Sering disebut raja rempah-rempah, lada hitam dikenal untuk menawarkan sejumlah manfaat kesehatan sambil memberikan rasa yang sangat baik untuk hidangan apa pun.

Menurut informasi terkini pada kali ini akan membahas tentang manfaat lada hitam bagi kesehatan yang wajib Anada simak pada artikel ini. Penggunaan lada hitam dalam makanan membantu meningkatkan berat badan, memperbaiki pencernaan, meredakan batuk-pilek, meningkatkan metabolisme, dan mengobati masalah kulit.

Apa itu Lada Hitam?

Lada hitam adalah buah dari tanaman lada hitam dari keluarga Piperaceae dan digunakan sebagai bumbu dan obat. Piperin kimia, hadir dalam lada hitam, menyebabkan kepedasan. Ini asli ke Kerala, negara bagian selatan India. Sejak zaman kuno, lada hitam adalah salah satu rempah yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Ini bukan tanaman musiman yang membuatnya tersedia sepanjang tahun. Saat dikeringkan, rempah-rempah yang berasal dari tanaman ini disebut sebagai merica . Karena sifat antibakterinya , lada digunakan untuk mengawetkan makanan. Lada hitam juga merupakan agen antiinflamasi yang sangat baik .

Fakta Gizi Lada Hitam

Lada hitam mengandung mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, natrium, serta vitamin seperti tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6, menurut Database Nutrien Nasional USDA. Nutrisi lain termasuk vitamin E, folat, dan vitamin K.

Lada hitam dalam jumlah besar juga memiliki serat makanan dan karbohidrat dan protein dalam jumlah sedang .

Properti Anti-tumor

Antioksidan dalam lada dapat mencegah atau memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membantu mencegah banyak penyakit. Menurut studi peninjauan yang dilakukan oleh peneliti utama Jie Zheng, yang membandingkan berbagai rempah, lada yang ditemukan dalam lada hitam menunjukkan aktivitas antitumor untuk beberapa jenis kanker – termasuk kanker payudara , kanker kolorektal , dan kanker prostat .

Meningkatkan Pencernaan

Konsumsi lada meningkatkan sekresi asam hidroklorat di lambung, sehingga memudahkan pencernaan. Pencernaan yang tepat sangat penting untuk menghindari masalah usus termasuk diare, sembelit , dan kolik. Lada juga membantu mencegah pembentukan gas usus, dan ketika ditambahkan ke makanan seseorang, ia dapat meningkatkan keringat dan buang air kecil.

Apa Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan ?

Berkeringat membantu menghilangkan racun dan benda asing dari pori-pori yang bersarang di sana. Itu juga bisa menghilangkan kelebihan air. Buang air kecil menghilangkan asam urat, urea, kelebihan air, dan lemak (fakta yang menyenangkan: 4% dari urin adalah lemak)

Pencernaan yang baik membantu dalam penurunan berat badan, membuat fungsi tubuh Anda secara keseluruhan lebih baik, dan mencegah kondisi pencernaan yang parah . Karena lada hitam bersifat karminatif , ia dengan mudah mengeluarkan gas dari tubuh dengan gerakan menurun yang sehat; gas yang bergerak ke atas bisa berbahaya karena dapat menyumbat rongga dada bagian atas dan organ vital lainnya.

Penurunan berat badan

Lapisan luar dari merica membantu dalam pemecahan sel-sel lemak. Karena itu, makanan pedas adalah cara yang baik untuk membantu Anda menurunkan berat badan secara alami. Ketika sel-sel lemak dipecah menjadi bagian-bagian komponennya, mereka mudah diproses oleh tubuh dan diterapkan pada proses dan reaksi enzimatik lainnya, daripada menetap di tubuh Anda dan membuat Anda kelebihan berat badan. Teh Ayurvedic yang dibuat dengan lada hitam adalah salah satu teh yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan ?

Perawatan kulit

Lada dapat membantu meredakan vitiligo, yang merupakan penyakit kulit yang menyebabkan beberapa area kulit kehilangan pigmentasi normal dan memutih. Menurut peneliti di Oregon Health & Science University , kandungan lada piperin dapat merangsang kulit untuk menghasilkan pigmen melanosit. Perawatan topikal piperin yang dikombinasikan dengan terapi sinar ultraviolet jauh lebih baik daripada perawatan berbasis kimia yang lebih keras dan lebih lainnya untuk vitiligo. Ini juga mengurangi kemungkinan kanker kulit karena radiasi ultraviolet yang berlebihan.

Hasil dari penelitian hewan ini cukup menjanjikan, namun diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.

Memberikan Bantuan Pernafasan

Dalam praktik Ayurvedic, lada ditambahkan ke tonik untuk mengobati pilek dan batuk. Lada juga memberikan bantuan dari sinusitis dan hidung tersumbat. Ini memiliki sifat ekspektoran yang membantu memecah lendir dan endapan dahak di saluran pernapasan. Kualitas iritannya yang alami membantu Anda mengeluarkan bahan-bahan yang longgar ini melalui tindakan bersin atau batuk, yang menghilangkan bahan dari tubuh dan membantu Anda pulih dari infeksi atau penyakit yang menyebabkan endapan pada awalnya. Sup dan semur yang dibuat dari lada hitam dan rempah-rempah aromatik lainnya sering digunakan untuk mengobati pilek dan batuk.

Melawan Infeksi

Properti antibakteri lada hitam membantu melawan infeksi dan gigitan serangga. Lada yang ditambahkan ke dalam diet membantu menjaga arteri Anda tetap bersih dengan bertindak serupa dengan serat seperti mengikis kelebihan kolesterol dari dinding, sehingga membantu mengurangi aterosklerosis , kondisi yang sangat bertanggung jawab untuk serangan jantung dan stroke. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Phytomedicine menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat dalam lada hitam aktif melawan Bacillus subtilis , Bacillus sphaericus , Staphylococcus aureus di antara bakteri gram positif, dan terhadap strain bakteri gram negatif tertentu.

Apa Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan ?

Meningkatkan bioavailabilitas

Penelitian menunjukkan bahwa lada hitam membantu dalam mengangkut manfaat herbal dan senyawa lainnya ke berbagai bagian tubuh, sehingga memaksimalkan efisiensi makanan lain yang kita konsumsi. Itulah mengapa menambahkannya ke dalam makanan tidak hanya membuatnya lezat tetapi juga membantu membuat nutrisi lebih tersedia dan dapat diakses oleh sistem kami.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Piperine, salah satu komponen utama lada hitam, telah ditunjukkan dalam banyak penelitian untuk mengurangi gangguan memori dan kerusakan kognitif. Jalur kimia di otak tampaknya dirangsang oleh senyawa organik ini, sehingga penelitian awal menunjukkan kemungkinan lada bermanfaat bagi pasien Alzheimer dan mereka yang menderita gangguan fungsi kognitif terkait penuaan atau terkait radikal bebas lainnya.

Membantu meredakan Bisul Peptikum

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa lada hitam mungkin memiliki efek menguntungkan pada kerusakan mukosa lambung dan tukak lambung karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

Mencegah Asma

Dalam beberapa kasus, lada dapat menjadi pengobatan yang baik untuk kondisi pernapasan karena sifatnya sebagai ekspektoran , serta sifat anti-inflamasi yang kuat.

Mempersiapkan bubuk lada di rumah lebih baik daripada membeli yang sudah jadi. Namun, bahkan bubuk buatan sendiri mempertahankan kesegarannya hanya selama 3 bulan, sementara lada utuh dapat mempertahankan kesegarannya tanpa batas.
Menambahkan sejumput lada hitam ke setiap hidangan membantu meningkatkan rasa, dan pencernaan. Ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Baca juga : Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Apakah Lada Hitam Baik untuk Anda?

Manfaat lain dari lada hitam adalah mereka membantu mencegah sakit telinga dan gangren. Ini juga baik untuk mengobati kondisi seperti hernia, suara serak, gigitan serangga dan juga biasa digunakan untuk mengobati masalah gigi (kerusakan gigi dan sakit gigi). Pada zaman kuno, lada juga diberikan untuk mengobati masalah penglihatan.

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat lada hitam bagi kesehatan Anda yang wajib Anda simak pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan mencobanya.

Kategori: Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *