Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh Anda! untuk mengendalikan dan meningkatkan energi, menghambat diabetes tipe 2 , meningkatkan metabolisme , dan mencegah asma dan batu empedu . gandum juga dapat meningkatkan pencernaan .

Menurut informasi terkini pada kali ini akan membahas tentang manfaat gandum bagi kesehatan Anda yang wajib Anda baca pada artikel ini. Gandum adalah biji-bijian sereal yang paling umum , yang berasal dari sejenis rumput (Triticum) . Inti gandum gandum, terdiri dari dedak (lapisan luar), bibit gandum , dan endosperma (bagian terdalam), adalah sumber energi yang sangat besar. Gandum berasal dari Asia Barat Daya, tetapi hari ini gandum merupakan salah satu tanaman sereal teratas yang ditanam di beberapa negara untuk konsumsi manusia.

Nutrisi

Gandum mentah mengandung karbohidrat kompleks , serat makanan , dan protein dalam jumlah sedang . Menurut USDA Nutrient database Nasional , tumbuh gandum yang kaya akan unsur katalitik, mineral garam , kalsium , magnesium , potasium , belerang, klor, arsenik, silikon , yodium , vitamin B , dan vitamin E . Gandum juga terdapat antioksidan, terutama dalam karotenoid seperti beta-karoten yang sangat baik bagi tubuh.

Gandum juga sangat kaya akan vitamin E. Dikenal sebagai sumber utama kompleks vitamin B dalam struktur makanan di seluruh dunia dan termasuk vitamin seperti tiamin, asam folat , vitamin B6 , dan mineral seperti mangan, magnesium, dan seng. Minyak gandum meningkatkan kekuatan dan awet muda.

Mengontrol Obesitas

Gandum, gandum utuh, memiliki kemampuan alami untuk mengendalikan berat badan, tetapi kemampuan ini lebih terasa di kalangan wanita. Wanita yang mengonsumsi produk biji-bijian dalam waktu lama menunjukkan penurunan berat badan yang jauh lebih banyak daripada yang lain. Juga, American Journal of Clinical Nutrition telah menunjukkan melalui penelitian bahwa gandum utuh, daripada bentuknya yang halus, adalah pilihan yang baik untuk pasien obesitas.

Apa Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh Anda ?

Meningkatkan Energi

Gandum utuh dengan kandungan vitamin B-nya membantu menyediakan energi bagi tubuh, menurut laporan oleh Brain, Performance, and Nutrition Research Center di Northumbria University, Inggris .  Selain itu, gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks, yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan memberi Anda energi dalam jangka waktu yang lebih lama. Semangkuk kayu gandum dengan telinga gandum dikelilingi dengan karung di atas meja kayu.

Mencegah Gangguan Metabolik

Biji-bijian utuh seperti gandum sangat efektif pada pasien dengan gangguan metabolisme. Jenis-jenis sindrom metabolik yang umum termasuk obesitas visceral, juga dikenal sebagai tubuh ” pir- berbentuk”, trigliserida tinggi , rendahnya kadar kolesterol HDL pelindung, dan tekanan darah tinggi . Asupan produk biji-bijian melindungi dari kondisi ini. Juga, penelitian yang dilakukan oleh dua ahli gizi, Janice Harland dan Lynne Garton, yang diterbitkan dalam The Nutrition Society menunjukkan bahwa asupan biji-bijian yang lebih tinggi (sekitar tiga porsi per hari) dikaitkan dengan BMI yang lebih rendah dan adipositas sentral.

Mencegah Diabetes Tipe 2

Gandum kaya akan magnesium yang bertindak sebagai faktor pendamping bagi lebih dari 300 enzim. Enzim-enzim ini terlibat dalam penggunaan fungsional insulin dan sekresi glukosa tubuh. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa konsumsi gandum utuh secara teratur meningkatkan kontrol gula darah yang sehat . [10] Orang yang menderita diabetes dapat mengendalikan kadar gula dengan mengganti nasi dengan gandum dalam makanannya.

Mengurangi Peradangan Kronis

The betaine konten dari gandum mencegah peradangan kronis, konstituen kunci dalam nyeri rematik dan penyakit. Khasiat anti- inflamasinya mengurangi risiko penyakit lain seperti osteoporosis , penyakit jantung, penurunan kognitif, dan diabetes tipe-2.

Bagaimana Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh ?

Mencegah Batu Empedu

Karena gandum kaya akan serat yang tidak larut, itu menjamin waktu transit usus yang cepat dan halus dan menurunkan sekresi asam empedu. Asam empedu yang berlebihan merupakan penyebab utama pembentukan batu empedu. Dalam berbagai survei oleh American Journal of Gastroenterology, telah terbukti bahwa roti gandum dan sereal membantu mencegah batu empedu.

Meningkatkan Metabolisme

Serat dalam produk gandum meningkatkan proses pencernaan dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme secara keseluruhan. Dokter merekomendasikan untuk makan roti gandum dan makanan kaya serat lainnya . Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang terbuat dari biji-bijian olahan tidak hanya cenderung meningkatkan berat badan tetapi juga meningkatkan bahaya resistensi insulin.

Tinggi Serat

Ketika Anda mempertahankan diet kaya serat yang terdiri dari roti gandum dan sereal yang kaya akan bekatul, Anda dapat yakin bahwa masalah seperti perut kembung , mual, sembelit , dan distensi akan berkurang dalam waktu singkat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology mengatakan bahwa serat, seperti gandum, membantu menjaga sistem pencernaan tetap teratur. Varietas gandum utuh adalah pencahar massal yang paling populer dan mudah tersedia.

Juga, divertikulitis sering terjadi karena peradangan dan nyeri usus yang lebih rendah. Ini juga dapat menyebabkan konstipasi kronis dan tekanan yang tidak perlu, yang dapat menyebabkan kantung atau kantong di dinding usus besar. Kasus-kasus seperti itu dapat dengan mudah ditangani secara alami dengan mengikuti diet kaya serat dan memasukkan biji-bijian utuh secara teratur.

Apa Manfaat Gandum ?

Mencegah Asma Anak

Studi Internasional tentang Alergi dan Asma pada Anak membuktikan melalui banyak penelitian bahwa diet berbasis gandum memiliki kapasitas untuk menurunkan kemungkinan terkena asma hingga hampir 50%. Selain itu, hiperresponsivitas bronkial adalah faktor kunci yang mendorong asma. Kondisi ini ditandai dengan penyempitan saluran udara dan peningkatan sensitivitas. Dalam banyak survei, telah terlihat bahwa anak-anak yang makan biji-bijian dan ikan dalam jumlah tinggi tidak menderita penyakit seperti itu, karena makanan ini memiliki jumlah magnesium dan vitamin E.

Catatan: Namun, dalam beberapa kasus, konsumsi gandum dapat berbahaya bagi pasien asma, karena itu juga merupakan alergen makanan yang terkait erat dengan asma. Konsultasikan dengan dokter yang dapat memberi Anda pemeriksaan lengkap dan diagnosis kemungkinan alergi yang mungkin Anda miliki.

Meredakan Gejala Postmenopause

Asupan produk gandum mentah yang lebih tinggi dapat membantu meningkatkan kandungan serat dan protein dalam diet pada wanita pascamenopause . Ini membantu dalam pengelolaan berat badan, keseimbangan hormon, dan mengurangi gejala pascamenopause.

Baca juga : Makanan Paling Menurunkan Berat Badan

Mencegah Serangan Jantung

Gandum utuh kaya akan lignan tanaman yang disebut enterolactone, yang melindungi dari penyakit jantung. Sebuah jurnal Denmark menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa wanita yang makan biji-bijian memiliki kadar darah yang lebih tinggi dari lignan defensif ini. Selain itu, produk gandum, yang tinggi serat makanan, sangat mengurangi tingkat tekanan darah dan mengurangi kemungkinan serangan jantung. Asupan tinggi biji-bijian ini menurunkan trigliserida atau lemak dalam darah. Ini memperlambat perkembangan aterosklerosis dan stroke.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam British Medical Journal juga menyimpulkan bahwa orang yang tidak memiliki sensitivitas terhadap gluten seharusnya tidak menghindari produk tersebut. Mengikuti diet bebas gluten, karena iseng-iseng bisa menurunkan konsumsi keseluruhan biji-bijian, yang mengarah pada peningkatan risiko penyakit jantung.

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat gandum bagi kesehatan yang wajib Anda simak pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan mencobanya.

Satu pemikiran pada “Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh Anda”

Tinggalkan komentar