Ciri-ciri Fisik Wanita Hamil Beserta Umur Kandunganya

Dipublikasikan oleh lanangwedok pada

ciri ciri fisik wanita hamil

ciri ciri fisik wanita hamil

Ciri-ciri Fisik Wanita Hamil Beserta Umur Kandunganya

Ketika masuk masa hamil muda, pasti terjadi perubahan fisik pada tubuh seorang wanita. Hal ini disebabkan karena adanya produktivitas sistem reproduksi. Sehingga mempengaruhi fisik maupun psikologis sang ibu. Ciri-ciri fisik wanita hamil ini dapat diketahui dengan jelas berbarengan dengan umur kehamilan. Dimana setiap masa kehamilan akan mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Karena kehamilan merupakan proses pembuahan yang terjadi pada sel telur dalam dinding rahim.

 

Kehamilan merupakan kebahagiaan bagi sebuah pernikahan. Dengan kehamilan yang baik dan terjaga, janin dalam kandungan tersebut tumbuh dengan baik. Karena anak merupakan titipan Tuhan yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Perkembangan anak tentu saja harus diperhatikan sejak masih dalam kandungan, sehingga anda harus bisa mengenali tanda apa saja yang terjadi jika hamil muda. Salah satunya dengan melihat fisik dan juga perkembangan janin yang dikandung.

ciri ciri wanita hamil

Ciri-ciri Fisik Wanita Hamil

  1. Perut membesar

Ciri fisik yang paling jelas terjadi adalah perut. Perut selalu menjadi pusat perhatian, saat seorang dinyatakan sedang hamil. Banyak faktor yang menyebabkan perubahan pada perut wanita hamil. Namun tidak semua wanita mempunyai perut besar saat hamil. Bisa jadi karena faktor keturunan, wanita dengan badan kurus serta faktor lainnya.

 

Perut yang membesar seiring dengan bertambahnya usia sang bayi dalam kandungan. sehingga anda tidak perlu khawatir dengan adanya perubahan pada perut tersebut, justru bersyukurlah karena dengan perubahan perut yang membesar menandakan kehamilan yang normal. Karena ada wanita yang hamil namun ternyata itu adalah kehamilan kosong, sehingga tidak terjadi perubahan pada perut.

 

  1. Perut Membesar saat hamil 1 bulan

Kondisi perkembangan bayi pada usia 1 bulan tidak akan terlihat jelas. Kerna sang janin masih belum besar atau hanya sebesar biji salak saja. pada saat ini anda harus menjaga pola makan dan tidur anda. Jangan sampai terlalu kelelahan, maka pada masa ini adalah masa paling rentang terjadi keguguran. obat penggugur janin

 

Pada usia kehamilan 1 bulan ini perhatikanlah asupan makanan atau gizi yang masuk dalam tubuh anda. Supaya janin dalam perut dapat menyerap nutrisi yang benar-benar cukup dan mampu menunjang kebutuhan nutrisi dalam pertumbuhan sang buah hati dalam kandungan. Jangan biasakan mengkonsumsi makanan junk food atau yang mengandung bahan pengawet. Karena akan membahayakan sang buah hati.

ciri fisik wanita hamil

  1. Perut membesar saat hamil ke 4 bulan

Perut saat hamil menginjak usia empat bulan mulai terlihat tanda membesar dan lebih keras, serta sedikit berisi. Hal ini disebabkan karena adanya pertumbuhan janin yang lebih besar dan lebih sempurna dari sebelumnya. Pada usia 4 bulan, perut terlihat mulai buncit, sehingga anda harus memperhatikan pakaian yang digunakan. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat sehingga membuat perut tertekan.

 

Pada usia kehamilan 4 bulan, perut akan terlihat lebih besar, sehingga fisik Anda akan mulai terlihat jika sedang mengandung. Disamping itu, anda juga akan merasakan berbagai perubahan fisik lainya, seperti pada payudara dan putingnya.

 

  1. Perut membesar saat hamil ke 6-7 bulan

Kehamilan di usia 6 sampai 7 bulan ini akan terlihat sangat berbeda baik secara fisik atau secara inner beauty. Hal ini dikarenakan pertumbuhan janin yang semakin membesar. Fisik anda akan terlihat jelas bahwa sedang hamil, dan bahkan janin sudah mulai lincah bergerak ke kanan ke kiri. Anda juga akan merasakan pergerakan bayi pada perut anda.

 

Pada masa kehamilan 7 bulan ini, anda tidak boleh bekerja terlalu keras. Serta mulai melakukan olahraga ringan untuk mempersiapkan masa melahirkan. Pola makan dan pola tidur juga harus diperhatikan dengan baik dan benar, agar sang bayi dapat tumbuh dengan sehat selama dalam kandungan.

 

  1. Perut membesar saat hamil ke 8-9 bulan

Inilah masa mendekati melahirkan. Fisik ibu hamil pada usia 8-9 bulan akan sangat terlihat jelas. Karena pada masa ini sang bayi siap untuk keluar dan siap dikeluarkan dalam perut. Fisik ibu hamil di 8 atau 9 bulan ini membuat beberapa aktivitas ringan namun teras lebih berat untuk dikerjakan, karena nafas yang mulai sulit dan jalan sudah sangat lelah.

 

Pada masa mendekati melahirkan ini, sang ibu membutuhkan pendampingan yang ekstra. Terutama dari keluarga dan suami. Karena kemungkinan mulai merasakan nyeri dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Sehingga keluarga harus siap apabila sang ibu mulai merasa kesakitan.

 

  1. Perut mengeras

Selain membesar, perut juga akan mengeras di saat hamil. Kerasnya perut akan terus berkembang sesuai dengan umur sang bayi. Hal ini karena adanya janin dalam perut sang  ibu. Sehingga sebaiknya sang ibu berhati-hati ketika berpergian atau melakukan berbagai aktivitas. karena  janin sudah bisa peka dan sensitif bila terkena senggolan atau benturan. Apalagi jika anda bekerja terlalu berat, sangat membahayakan untuk kandungan anda.

 

Pastikan juga sang ibu menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal dan, agar tubuh bisa tetap rileks dan dapat bergerak bebas. Ketika masa hamil muda, sangat rentan terjadi keguguran jika anda tidak menjaga dengan baik kehamilan anda. Keguguran paling sering terjadi karena aktivitas yang melelahkan. Sehingga kondisi anda kurang fit dan membuat janin tidak berkembang dengan baik.

 

  1. Perubahan Payudara

Salah satu ciri-ciri fisik wanita hamil adalah terletak pada perubahan payudara. Payudara wanita yang sedang hamil akan lebih padat dan keras dibandingkan sebelumnya. Hal ini terjadi karena adanya hormon HCG dan Progesteron dalam tubuh sang ibu, sehingga anda mulai memproduksi ASI yang bermanfaat sebagai makanan sang buah hati.

 

Dalam menjaga payudara dan kesehatan janin dalam perut. Maka anda harus memperhatikan bra yang digunakan. Untuk itu anda dapat menggunakan bra dengan bahan kain tanpa kawat, agar tubuh anda tetap rileks pada saat berada di dalam rumah. Dan ketika anda ingin bepergian, pastikan anda menggunakan bra yang dapat menompang payudara anda.

 

Perubahan payudaran juga disertai dengan pertumbuhan puting yang semakin meninjol. Puting payudara akan mulai terlihat jelas dan area disekitar puting terlihat semakin gelap. Pada saat ini payudara anda sedang memproduksi ASI sehingga saat bayi keluar, ASI dapat keluar dengan lancar.

 

  1. Pertumbuhan rambut

Ketika terjadi kehamilan, anda dapat mengenali jenis kelamin bayi anda dengan melihat pertumbuhan rambut. Jika pertumbuhan rambut anda cenderung lebih cepat, maka kemungkinan besar anda sedang mengandung anak laki-laki.

 

Karena produktivitas hormon yang meningkat. Untuk kehamilan anak perempuan, pertumbuhan rambut menjadi lebih berkilau daripada biasanya. Setelah mengalami masa kandungan muda, pertumbuhan rambut berubah seperti biasanya, namun akan terasa semakin tidak terawat dengan baik.

 

  1. Kaki Terasa Dingin

Pada masa hamil muda, anda akan merasakan perubahan kaki menjadi lebih dingin. Hal ini disebabkan karena menurunnya suhu tubuh dan kondisi lingkungan yang berbeda. Kaki tidak seperti biasanya yang tidak sensitif terhadap dingin. Namun, ketika anda mengandung anak laki-laki, anda akan merasakan perubahan fisik dan psikis yang biasa.

 

Setelah masa kandungan semakin lama, kaki akan berubah seperti semula. Karena hormon pada tubuh sudah mulai bekerja seperti biasanya. Sehingga anda dapat melakukan aktivitas seperti olahraga ringan agar memudahkan anda ketika mulai memasuki masa melahirkan.

Sumber: www.cewekcowok.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *