Cara Cepat Mengatasi Telat Haid Yang Tidak Teratur

Dipublikasikan oleh lanangwedok pada

cara cepat mengatasi telat haid
cara cepat mengatasi telat haid

cara melancarkan haid

Cara Cepat Mengatasi Telat Haid

Haid atau menstruasi adalah hal yang selalu dialami oleh para wanita. Haid atau tamu bulanan, biasanya muncul sebulan sekali untuk ukuran normal. Namun ternyata banyak juga wanita yang mengalami telat datang bulan, sehingga siklusnya tidak teratur. Sehingga diperlukan cara cepat mengatasi telat haid, khususnya dengan menggunakan cara yang alami dan pola hidup yang sehat.

Siklus normal menstruasi yang terjadi pada wanita adalah 28-35 hari. Sayangnya tidak semua perempuan mengalami siklus haid yang lancar. Telat haid ini tidak hanya disebabkan oleh adanya kehamilan saja, karena ada banyak faktor yang menyebabkan telat datang bulan. Misalnya karena kecapean, stres, mengidap suatu penyakit tertentu, dan lain sebagainya.

Begini Cara Cepat Mengatasi Telat Haid Dengan Cara Yang Mudah Dan Praktis

1. Mengkonsumsi jus wortel

Tahukah anda bahwa sayuran wortel memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat yang baik, bagi tubuh kita. Wortel memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi, kalsium dan juga besi. Yang akan membantu tubuh, agar hormon di dalam tubuh tidak mengalami gangguan apapun.

Maka dari itu sebaiknya anda mengkonsumsi jus wortel yang dibuat sendiri sehingga lebih alami dan higienis. Bila anda mengkonsumsi jus wortel akan melancarkan haid anda yang tidak teratur dengan lebih efektif.

2. Gunakan daun pepaya

Daun pepaya memiliki rasa yang pahit, dan banyak orang yang tidak menyukai daun pepaya karena rasanya yang pahit. Tetapi ternyata daun pepaya ini memiliki banyak sekali manfaat, yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan di dalamnya pun baik untuk kesehatan. Daun pepaya mengandung vitamin A,B,C,D dan E dan juga mengandung kalsium.

Sehingga daun pepaya juga bisa digunakan untuk mengatasi haid yang tidak lancar, atau haid yang selalu datang terlambat. Cara melancarkan haid dengan menggunakan daun pepaya yaitu sebagai berikut :

  • Gunakan daun pepaya secukupnya saja, cuci bersih kemudian rebus.
  • Tambahkan asam jawa, garam, dan air mineral sebanyak dua gelas saja.
  • Rebus sampai airnya berkurang dan hanya tinggal satu gelas saja.
  • Minum ramuan alami tersebut dengan teratur.
  • Ramuan daun pepaya ini juga ampuh dalam mengatasi nyeri pada saat haid.

3. Konsumsi air kelapa hijau

Air kelapa hijau dipercaya sebagai ramuan alami yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Karena air kelapa hijau mengandung senyawa laurat, yang mampu membantu melawan beragam penyakit. Senyawa laurat tersebut berfungsi juga sebagai anti bakteri, anti jamur, dan anti virus.

Selain itu air kelapa hijau ini juga mengandung asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga akan membantu anda dalam memenuhi kebutuhan gizi tubuh anda. Selain itu air kelapa hijau ini juga dipercaya ampuh dalam melancarkan haid. Sehingga anda bisa mengkonsumsinya dengan rutin, sampai haid muncul.

4. Kunyit

Bahan alami yang termasuk rempah-rempah, dan sering digunakan sebagai bumbu masakan adalah kunyit. Bahan alami ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh kita. Tak heran jika banyak juga jamu tradisional yang menggunakan kunyit sebagai salah satu bahan pembuatnya.

Kunyit memiliki kandungan senyawa yang sangat berkhasiat sebagai curcumin, yaitu sejenis senyawa yang berguna sebagai zat anti inflamasi dan anti oksidan. Anda bisa menggunakan kunyit untuk melancarkan jadwal datang bulan anda. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi racikan kunyit. Minum secara rutin agar haid anda lancar kembali.

5. Jahe

Bumbu dapur lainnya yang juga memiliki khasiat untuk mengatasi atau mengobati suatu penyakit adalah jahe. Kandungan zat di dalam jahe diantaranya yaitu minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Anda bisa memanfaatkan jahe untuk melancarkan haid anda dengan teratur, dan secara alami.

Anda bisa mencoba mengkonsumsi air seduhan jahe yang telah dicampur dengan sedikit madu setiap harinya. Minum selagi hangat.

6. Memiliki pola atau gaya hidup yang sehat

Gaya hidup yang sehat adalah kunci untuk memiliki tubuh yang sehat. Bila anda mengalami haid yang tidak lancar, maka anda bisa menerapkan gaya hidup sehat. Cara cepat mengatasi telat haid dengan pola hidup yang sehat, adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah. Serta rajin berolahraga.

Bahkan bila anda memiliki kebiasaan buruk seperti merokok atau minum alkohol, anda harus mengubahnya. Kebiasaan buruk lainnya yang bisa menyebabkan tubuh tidak sehat adalah minum kopi berlebihan dan begadang. Kebiasaan buruk tersebut bisa membuat jadwal menstruasi seorang wanita menjadi tidak teratur.

7. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Jangan mengkonsumsi makanan-makanan tidak sehat seperti misalnya junkfood. Lebih baik anda mengkonsumsi makanan yang bergizi saja. Karena jika asupan gizi pada tubuh terpenuhi, haid pun akan lancar kembali. Serta produksi hormon yang terjadi di dalam tubuh tidak akan terganggu.

Anda harus membiasakan diri dengan makanan yang sehat yang kaya akan gizi, yang bisa anda dapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Agar sistem metabolisme di dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik, dan proses haid pun akan lancar dan teratur kembali.

8. Istirahat dengan teratur

Setiap manusia memerlukan waktu istirahat yang cukup, misalnya dengan tidur di waktu yang tepat dan dengan jumlah yang tepat. Usahakan anda mendapatkan waktu tidur 6-8 jam setiap harinya. Karena dengan memiliki istirahat yang cukup, maka hormon kortisol dalam tubuh dapat diproduksi dengan baik.

Sehingga bila anda mengalami stres, hal itu akan teredam dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus. Yang merupakan hormon, yang tugasnya adalah mengatur periode haid pada wanita.

9. Rajin berolahraga

Kunci hidup sehat lainnya yang bisa anda coba lakukan adalah berolahraga. Karena olahraga yang dilakukan secara rutin, terbukti mampu menjaga kesehatan tubuh dan anda akan terhindar dari segala penyakit. Dalam memilih jenis olahraga yang tepat, tentu tidak harus melakukan olahraga yang berat atau susah.

Anda bisa mencoba olahraga yang memiliki gerakan yang ringan dan mudah. Misalnya olahraga pagi, jalan kaki atau bersepeda. Jenis-jenis olahraga tersebut dapat melatih tubuh anda, dengan lebih baik. Latihan olahraga tersebut juga akan melancarkan aliran darah dalam tubuh, sehingga siklus haid pada wanita akan normal kembali.

10. Minum air mineral setiap hari

Ada banyak manfaat yang dapat anda temukan dari air mineral, tubuh kita terdiri dari banyak cairan. Sehingga tubuh manusia memerlukan cairan setiap harinya. Oleh sebab itu anda harus rajin minum air putih setiap hari. Karena air mineral sangat baik dalam menyeimbangkan metabolisme tubuh kita.

Bila sistem metabolisme di dalam tubuh kita lancar, maka siklus haid anda akan lancar juga.

11. Menggunakan daun alpukat

Selain daun pepaya bahan alami lainnya yang bisa anda gunakan untuk melancarkan haid adalah daun alpukat. Cara pemakaiannya hampir sama, rebus daun alpukat kemudian minum dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *