Loading...
Monday, January 7, 2013

Ciuman French Kiss Bisa Sebabkan Penyakit Mononucleosis!

Ciuman French Kiss Bisa Sebabkan Penyakit Mononucleosis!
Berciuman memang biasa dilakukan bagi pasangan suami istri. Tapi, banyak juga pasangan yang statusnya masih berpacaran melakukan hal tersebut. Walaupun banyak fakta menarik tentang ciuman dan manfaat kesehatan dari berciuman, namun ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa berciuman, tepatnya french kiss bisa menimbulkan penyakit.


Penyakit apakah itu?
Berciuman, seperti french kiss bisa menyebabkan mononucleosis. Mononucleosis atau biasa disingkat menjadi mono ini memang sering disebut sebagai penyakit ciuman.

Dilansir dari Myhealthnewsdaily.com, mono disebabkan oleh virus Epstein-Barr. Cara penyebarannya adalah melalui kontak air liur yang dihasilkan oleh penderita. Bukan hanya itu, mono juga menyebar melalui batuk, bersin, dan berbagai makanan, namun tidak menular seperti flu.

French kiss adalah ciuman yang melibatkan kontak mulut dan lidah seseorang. Peneliti juga melaporkan bahwa french kiss merupakan satu-satunya pemicu penyakit mono yang paling tinggi.

Penelitian ini dilakukan oleh para ahli dari University of Minnesota Medical School di Minneapolis. Mereka melibatkan 143 mahasiswa yang diperiksa darahnya untuk mengetahui keberadaan antibodi pelawan vitus Epstein-Barr.

Hasilnya, sebanyak 63 persen mahasiswa positif memiliki antibodi, artinya mereka pernah mengidap mono di masa lalu. Sebanyak 66 persen mahasiswa  juga menderita mono, namun 59 persen dari mereka menunjukkan gejala.
Mahasiswa yang memiliki penyakit mono biasanya mengembangkan penyakit selama 17 hari. Namun, penyebaran virus terhadap orang lain bisa berlangsung lebih lama, yaitu sekitar 5 bulan.

Orang yang terkena penyakit ini biasanya akan demam, sakit tenggorokan, kelelahan yang berlebihan, sakit kepala, nafsu makan menurun, dan amandel membengkak. Namun, beberapa orang yang terkena penyakit mono ada juga yang tidak memiliki gejala sama sekali.

Penyakit ini pada umumnya dapat menghilang tanpa bantuan medis. Namun, akan pulih setelah mingguan sampai bulanan. Untuk meringankan gejala tersebut, sebaiknya mereka banyak istirahat di rumah saja.
Hasil penelitian mengenai hubungan antara berciuman, french kiss dan penyakit mono ini dilaporkan dalam Journal of Infectious Diseases.

Selain itu ada penyakit lain yang bisa ditularkan lewat ciuman. Penyakit itu, antara lain influenza, herpes, glandular fever, kutil, hepatitis B, dan penyakit meningokokus. Untuk itu, selalu jaga kebersihan gigi dan mulut agar nyaman dari berbagai penyakit.

http://ciricara.com/2013/01/07/awas-berciuman-bisa-menyebabkan-penyakit-mononucleosis

0 comments:

Post a Comment

 
TOP